Saturday, January 12, 2013

NISSAN GT-R: Si Mungil Bertenaga Besar


Jepang tak habis-habisnya memproduksi mobil-mobil beken. Beruntungnya bagi mereka, masyarakat Indonesia bisa menerima mobil yang didatangkan dari negeri sakura itu. Boleh dikata Indonesia adalah pasar empuk bagi merek-merek mobil jepang.


Kali ini giliran Nissan unjuk kebolehan. Mereka sudah mempersiapkan satu varian terbaru bernama varian GT-R. Mobil ini diperkenalkan kepada public pada acara Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) September lalu di Jakarta. Namun untuk Indonesia akan dipasarkan pada awal tahun 2013. Tapi jangan salah, walaupun belum dipasarkan beberapa pecinta sportcar sudah ada yang berani bayar uang muka. Sepertinya mereka tak sabar ingin duduk dibalik setirnya.

Harganya lumayan tinggi, sekitar Rp 2,2 miliar. Mungkin bagi pecinta mobil hatchback nan sporty harga selangit tak jadi soal. Apalagi dengan kelebihan yang dimiliki GT-R setidaknya impas dengan uang yang dikeluarkan.

Keunggulan paling nyata GT-R terletak pada besaran tenaga yang dihasilkan. Informasinya, Nissan GT-R memiliki jantung pacu berkode VR38DETT DOHC konfigurasi V6 dengan kapasitas silinder 3.800 cc 24 katup. Dilengkapi twin turbo mampu menghasilkan tenaga hingga 530 power house atau tenaga kuda.

Melihat besaran tenaga yang dihasilkan tak heran kalau mobil ini akan menjadi raja di sirkuit balapan.
Tenaga yang disemburkannya mencapai 550 HP pada 6.400 RPM ini hasil spesifikasi 2013. Adapun torsi maksimum mencapai 632 Nm. Mesin dan sistem transmisi yang hand-made membuat produksinya terbatas, yakni 1.000 unit per bulan. Mobil dua pintu ini pun diklaim dapat meraih kecepatan maksimal hingga 311 km/jam.

Selain cepat mobil ini juga tampil menggoda. Tampangnya mungil tapi cukup garang. Sekilas mirip robot dalam film-film kartun. Memang Shiro Nakamura, kepala devisi desain Nissan, menjadikan robot raksasa Gundam sebagai inspirasi desain Nissan GT-R.

"GT-R adalah mobil unik karena bukan berasal dari salinan mobil sport yang dirancang di Eropa, melainkan harus benar-benar mencerminkan kebudayaan Jepang,” kata Nakamura seperti dilansir nissanusa.com.
Garis persegi dan ventilasi GT-R dipengaruhi oleh desain robot Gundam.

Griil depan dibuat seperti terbuka, dengan huruh GT – R di tengahnya. Sementara lampu utama atau Headlamp didesain sedikit runcing ke belakang. Di dekat grill kiri-kanan terdapat deretan lampu-lampu kecil. Lampu ini memadukan gaya dan fungsi, terdapat dua lampu utama yang difungsikan perjalanan malam dan siang. Kemudian dua lubang menonjong di kap mesin semakin keren.

Kekuatan body sudah teruji, dirakit menggunakan jig ketepatan tinggi, ultra-low-toleransi yang mirip dengan konstruksi mobil balap. Mulai dari kap mesin, tutup bagasi dan kulit pintu luar dibuat dari aluminium terbaik.

 Lapisan cat yang digunakan tidak sembarang, body GT-R ini dicat hingga enam tahapan. Memakai cat clear coat. Kemudian dilapisi cat super perak metalik khusus, dengan delapan tahapan proses untuk mendapatkan efek berkilau cair.

Nah, fasilitas di dalam siap memanjakan penumpang. Kenyamanan dimulai dari kursi, bentuknya hampir sama dengan bangku Mistsubishi Lancer Evolution XI yang diulas The Atjeh Times Edisi lalu. Layaknya mobil sport bangku sisi kiri-kanan lebih sehingga dapat menahan penumpang di tempat. Meskipun melesat kencang penumpang tetap nyaman berada di bangku. Mobil ini hanya diperuntukkan untuk empat penumpang.

Sistem control sudah mengandalkan digital dengan mengandalkan monitor pengemudi bisa mengetahui navigasi atau peta jalan. Monitor juga menyediakan interface menampilkan informasi kendaraan, speedometer, informasi bahan bakar dan audio.

Mengintip fitur keselamatan GT-R tak perlu diragukan lagi. Mobil yang memiliki kecepatan tinggi seperti ini system savety atau keselamatan sudah melampaui standart. GT-R dilengkapi kantong udara depan belakang, samping dan atas ditambah lagi sabuk pengaman, membuat mobil ini benar-benar memperhatikan keselamatan penumpangnya.

Mobil ini tersedia dalam lima pilihan warna; Deep Blue Pearl, Jet Black, Gun Metallic, Pearl White dan Solid Red. GT-R kabarnya akan di produksi dalam dua varian yakni GT-R premium dan GT-R Black Edition. Berapa selisih harga dua varian tersebut belum terkuak, dipastikan Black Edition akan menjadi rebutan bagi penggemar Nissan GT-R ini.

Bahkan Usain Bolt manusia tercepat di dunia, membeli Nissan GT-R, pelari asal Jamaika itu menganggap GT-R sangat cocok dengan karakter dirinya.[]  ZULKARNAINI MASRY |DARI BERBAGAI SUMBER 


0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com